LONDON - Orang menganggap mengonsumsi sandwich (roti berlapis sayuran dan lainnya) baik. Namun tidak bagi seorang wanita Inggris ini. Memakan sandwich dapat membuatnya pingsan.

Penyebab wanita berusia 25 tahun sering pingsan terungkap setelah tim dokter dari Lencet, University Hospital Birmingham mengadakan penyelidikan. Hasilnya terjadi gerakan tidak sempurna yang dapat menyebabkan jantung berhenti sejenak.

Menurut wanita yang tidak disebutkan namanya itu, tiba-tiba muncul rasa pusing dan mual selama sepuluh detik. Keluhan itu bisa dialaminya selama satu minggu. Bahkan dia mengaku pernah pingsan saat mengemudi. Untungnya saat itu lalu lintas tidak padat sehingga dia selamat.

Ini diawali sejak berusia 15 tahun. Ketika itu dokter tak bisa mencari penyebabnya. Padahal dia mengaku tidak pernah merokok dan jarang sekali minun alkohol.

Selama beberapa tahun terakhir, dia menjalani pemeriksaan intensif, termasuk mengecek kelenjar gondok dan kelenjar seksual (pituitary gland). Namun tidak ditemukan kasus kelainan pada organ itu. Tensi darah dan berat badanya pun ideal, yaitu 46,5 kg.

Perlahan misteri itu terkuak. Dokter yang menanganinya mulai menyimpulkan bahwa rasa pusing dan mual itu muncul akibat mengonsumsi sandwich dan minuman soda.

Tim doketer Brimingham kemudian meneliti reaksi tubuhnya setelah mengonsumsi roti. Dokter ahli jantung menemukan gejala aneh. Alat electrocardiogram (ECG) menyatakan, jantungnya berhenti berdetak selama 2,5 detik.

Menurut tim dokter, rasa pusing terjadi akibat adanya hambatan organ yang seharusnya menggerakaan pompa jantung. Darah tak teralirkan dengan sempurna sehingga suplai oksigen terganggu.

Dokter mengdiagnosa wanita tersebut mungkin menderita "swallow syncope", kondisi di mana dimana jantung tidak bisa merespon.

Dokter mengatakan, ini juga bisa terkait dengan masalah oesophageal, sebuah kelainan bawaan di mana kerongkongan dan lambung tidak tersambung. Atau bisa juga kelainan pada lambung.

Seorang dokter ahli jantung yang menanganinya Howard Marshall mengatakan, sandwich dapat memicu serangan jantung karena makanan ini dapat menghasilkan benda berbentuk serabut yang menghambat kerja jantung. "Minum soda juga menjadi masalah karena dapat menghasilkan gelembung gas," paparnya seperti dikutip BBC, Jumat (19/12/2008). Dia juga sudah melarang wanita itu mengonsumsi sandwich dan meminum soda.

Marshal menambahkan, kasus ini sangat langka. Dia sendiri mengaku baru menemui kasus ini sejak 20 tahun berkarir sebagai dokter.
(ton)
sumber:okezone.com

Related Posts by Categories



0 komentar