ISLAMABAD - Ratusan orang Hindu di Pakistan turun ke jalan. Mereka menuntut pemerintah tidak membubarkan organisasi kemanusiaan Jamat ud Duwa yang dianggap terlibat dalam teror Mumbai.

Mereka memenuhi jalan di kota Hyderabad di Provinsi Sindh Selasa kemarin. Menurut pengunjuk rasa, Jamaat ud Duwa tak terkait sama sekali dengan aksi penyerangan Mumbai akhir November lalu.

Kalangan Hindu di Pakistan menyatakan Jamaat ud Duwa merupakan organisasi sosial yang kerap memberi bantuan makanan kepada orang-orang Hindu yang miskin.

Sementara pemerintah India meyakini organisasi ini memiliki hubungan dengan Lashkar e-Taiba yang merupakan kelompok militan yang dianggap bertanggung jawab terhadap serangan yang menewaskan hampir 200 orang itu. Di Pakistan minoritas Hindu hidup dalam kemiskinan. Sebagian besar bekerja sebagai petani.

"Bagaimana mungkin Jamaat ud Duwa disebut teroris sementara mereka memberi makan. Padahal mereka tahu kalau kami bukan muslim," ungkap Biga Ram seorang pengunjuk rasa seperti dikutip Reuters, Rabu (17/12/2008).

Ram menambahkan, Jamaat ud Duwa merupakan organisasi murni kemanusiaan. "Kami mengutuk penagkapan itu. Ini benar-benar tidak adil," katanya.

Sementara pimpinan komunitas Hindu Pakistan Bhai Chand kepada Associated Press mengatakan, Jamaat ud Duwa telah membangun ladang-ladang air di padang pasir.

Pemerintah Pakistan secara resmi membubarkan organisasi Jamaat ud Duwa, yang juga masuk dalam daftar hitam PBB. Rekening mereka di bank-bank Pakistan juga dibekukan.
sumber:okezone.com

Related Posts by Categories



0 komentar